Disdukcapil Menyapa Masyarakat, Kegiatan Sebagai Wadah Menerima Masukan, Kritik dan Saran Warga Bontang


Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bontang, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengikuti diskusi dalam kegiatan Disdukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) secara virtual via aplikasi Zoom.
Kegiatan ini bertujuan untuk menyerap masukan, keluhan, kritik dan saran kepada Disdukcapil Bontang sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan publik dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat. Sehingga kedepannya Disdukcapil Bontang dapat memperbaiki kualitas layanan menjadi lebih baik lagi.
“Awal mula ide kegiatan ini disampaikan Bapak Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. Sebab beliau ingin mengetahui secara pasti apakah masyarakat sudah puas dengan kinerja dan pelayanan yang telah kami berikan sampai ke tingkat bawah,” jelas Masliani Pelaksana Tugas (Plt) Kadisdukcapil Bontang.
Untuk itu, kata Masliani, Dirjen Dukcapil meminta kepada seluruh Disdukcapil baik tingkat provinsi, kabupaten dan kota ikut melakukan hal sama seperti yang dilakukan pusat. Yakni untuk mengadakan komunikasi secara virtual dengan melibatkan masyarakat khususnya di wilayah Kota Bontang.
Masliani menjelaskan saat ini kegiatan DMM baru berjalan di tingkat pusat provinsi. Untuk ditingkat propinsi Kaltim diikuti oleh Disdukcapil se-Kaltim dan juga diikuti masyarakat serta stakeholder lainnya di wilayah Kaltim.
“Selain menerima beberapa masukan dan saran terkait pelayanan adminduk di kabupaten dan kota, tak sedikit juga masyarakat memberikan apresiasi atas kinerja positif kami, diantaranya pelayanan jemput bola atau pelayanan online yang membuat masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan dokumen kependudukan. Itulah yang membuat kami bertambah semangat untuk meningkatkan kinerja,” ucapnya.

Selain itu, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Informasi Admistrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Bontang, Muhammad Thamrin menjelaskan rencananya Disdukcapil Bontang akan mengadakan kegiatan ini sesuai dengan jadwal yang diagendakan pihak provinsi. Kata Thamrin, pihaknya diminta melakukan komunikasi masyarakat via Zoom minimal sebulan 2 kali.
“Namun karena ini baru awal jadi kami lakukan satu kali dulu. Jika respon antusias masyarakat baik, akan kami rutinkan satu bulan dua kali,” bebernya.
“Di sinilah wadahnya bagi masyarakat yang ingin memberi masukan dan saran. Kami juga ingin mengetahui apakah pelayanan kami sudah on the track, sudah berjalan dengan harapan masyarakat,” tambahnya.
Oleh sebab itu, pihaknya berharap rekan media dapat membantu Disdukcapil dalam memberikan informasi kepada masyarakat agar kegiatan ini dapat diketahui seluruh masyarakat Kota Taman -sebutan Bontang-.
“Harapan kami media bisa membantu dalam mempublikasikan kegiatan kami tersebut, agar seluruh masyarakat Bontang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kami,” pungkasnya. (*)
Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi