Disdukcapil Bontang Peduli Disabilitas dengan Berikan Pelayanan Khusus


Disdukcapil Bontang peduli disabilitas dengan berikan pelayanan khusus. Pelayanan spesial tersebut diberikan agar masyarakat merasa nyaman dan aman saat mengurus dokumen administrasi.
Akurasi.id, Bontang – Meningkatkan pelayanan dan fasilitas memang sudah seharusnya menjadi tugas pemerintah melalui pelayanan publik dalam hal melayani masyarakat dalam hal apapun. Misalnya seperti pengurusan berkas, pembuatan dokumen penting, hingga pendataan penduduk.
Baca juga: Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan, Disdukcapil Mengadakan Dukcapil Menyapa Masyarakat
Bagi mereka yang hidup normal, mungkin saja hal itu dirasa mudah dilakukan, namun tidak bagi mereka yang memiliki hambatan. Misalnya penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil, dan menyusui. Untuk dapat memberikan pelayanan prima untuk mereka, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang telah berbenah dalam memperbaiki dan melengkapi sarana dan prasarana. Di mana untuk menunjang pelayanan publik dalam memberikan pelayan terbaik bagi mereka.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Masliani melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Informasi Admistrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Bontang Muhammad Thamrin mengatakan, sejak 2018, pihaknya telah membenahi fasilitas bagi kaum disabilitas. Hal itu tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2019 tentang Fasilitas Akses Bagi Penyandang Disabilitas.
“Sebagai pelayan publik kami terus meningkatkan pelayanan kami. Terutama bagi saudara-saudara kita kaum disabilitas. Hal tersebut sesuai dengan PP nomor 27 tahun 2019 tentang Fasilitas Bagi Penyandang Disabilitas,” jelasnya.
Thamrin menerangkan saat ini Disdukcapil Bontang telah melengkapi sarana dan prasarana di kantor Disdukcapil yang berada di Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang Baru, Kecamatan Bontang Utara.
“Untuk mereka penyandang disabilitas, kami sudah persiapkan berbagai fasilitas. Seperti parkir khusus kendaraan disabilitas, jalur khusus pengguna kursi roda, toilet khusus, loket khusus, dan kursi roda juga kami siapkan,” paparnya.

Tak hanya penyandang disabilitas, pihaknya pun juga menyediakan fasilitas khusus bagi para lansia, ibu hamil dan menyusui. Khusus untuk ibu menyusui kami juga sudah menyiapkan ruang laktasi.
“Dengan adanya (loket) pelayanan khusus ini, kami berharap dapat memberikan kemudahan bagi mereka selama melakukan kepengurusan dokumen, dan tak harus mengantri dengan masyarakat umum lainnya,” ujarnya.
Lanjut Thamrin, sejak adanya layanan ini, Disdukcapil Bontang menerima banyak apresiasi dari masyarakat. Dan menjadikan cambukan semangat untuk lebih meningkatkan kinerja dalam rangka memberikan pelayanan maksimal. Sebagaimana motto pelayanan kami untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.
Alhamdulillah, 2 tahun setelah kami berikan pelayanan khusus dan sarana dan prasarana ini, kami mendapat apresiasi dari masyarakat Bontang,” pungkasnya. (*)
Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi